27/07/11

Tips olahan sayur praktis & murah meriah

Disini kita mempunyai tips memasak sayur yang tepat. Praktis dan pas untuk kantung mahasiswa, anak kos dan ibu -ibu  yang tidak mempunyai waktu luang untuk memasak, namun Anda gemar  sekali memasak sayur.

  1.  Pilih sayur yang proses masaknya tidak lama. Terutama kalau waktu Anda memasak terbatas. Misal, bayam, kangkung, daun labu, siomak, baby kailan, atau pokcoy.
  2.  Sayuran seperti daun singkong atau daun pepaya butuh waktu lama dalam pengolahannya, Karena kedua jenis daun itu harus direbus dulu sebelum diolah menjadi sebuah masakan.
  3.  Masak yang berkuah seperti sayur bening, bisa dibuat dalam beberapa porsi sekaligus untuk setok. Sayurnya tidak perlu dimasukkan/ikut direbus. Bila hendak dimakan, panaskan secukupnya saja untuk sekali makan. Sebagai contoh, didihkan kuah lalu masukkan bayam, katuk, atau daun labunya. Sisa kuah bisa disimpan dalam lemari pendingin. Esok hari, kuah bisa dikeluarkan dan dipanaskan kembali sambil memasukkan jenis sayur yang berbeda.
  4. Kombinasikan sayur dengan tahu, tempe, atau daging-daging seperti udang, ayam, atau ikan. Dengan begitu Anda tidak perlu menyiapkan masakan lain karena nilai gizinya sudah terpenuhi.
  5.  Sediakan sambal terasi atau sambal lainnya. Hingga kalau sedang betul-betul sibuk, Anda hanya tinggal merebusnya saja dan memakannya sebagai lalap.
  6.  Sediakan berbagai kecap dan saus hingga meski hanya dibuat tumisan, rasanya bisa berbeda-beda. Misal, hari ini kita membuat kangkung saus tiram, keesokan harinya kita bisa membuat tumis kangkung dengan tambahan kaldu bubuk saja atau dengan kecap ikan saja.
  7.  Sayur juga enak ditumis dengan ikan asin. Karena itu siapkan beberapa macam ikan asin di lemari Anda. Hingga Anda bisa membuat tumisan yang tidak membosankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar